JASMANSYAH

Media Shilaturrahmi, berbagi informasi & Ilmu

ISTRI2 RASULULLAH

Posted by JASMANSYAH pada Agustus 20, 2008

1. KHADIJAH. Beliau berusia 40 tahun ketika beliau melamar Nabi saat Nabi berusia 25 tahun. Sesudah 15 tahun pernikahanya kemudian beliau diangkat menjadi Nabi. Khadijah telah menikah 2 kali sebelum belia menikah dengan Nabi. Suami beliau yang pertama adalah Aby Haleh Al Tememy dan suami kedua beliau adalah Oteaq Almakzomy. Mereka berdua meninggal dunia. Khadijah wafat pada tahun 621, pada tahun yang sama dengan saat Nabi mi’raj, pada peristiwa Irsa dan Mi’raj.

2. SAWDA BINT ZAM’A. Suami pertama beliau adalah Al Sakran Ibn Omro Ibn Abed Shamz. Dia dia meninggal beberapa hari sesudah kepulanganya dari Ethiopia. Sawda berusia 65 tahun, miskin dan tidak ada seorangpun yang merawatnya. Ini mengapa kemudian Nabi menikahi beliau.

3. AISHA SIDDIQA. Seorang wanita bernama Kholeah Bint Hakeem menyarankan agar Nabi menikah dengan Aisyah putri Abu Bakar, untuk menjalin hubungan dekat dengan keluarga Abu Bakar. Pada waktu itu Aisyah sudah bertunangan dengan Jober Ibn Al Moteam Ibn Oday, dan Jober belum menjadi seorang muslim. Masyarakat Mekah tidak keberatan atas pernikahan Aisha karena meskipun beliau masih muda namun sudah cukup matang dalam memahami tanggang jawab pernikahan. Nabi Muhammad bertunangan dengan Aisha selama 2 tahun sebelum beliau menikahinya. Abu Bakar adalah pemimpin pertama sesudah wafatnya Nabi.

4. HAFSAH BINT U’MAR. Beliau adalah putrid dari Umar, kalifah yang kedua. Umar meminta Ustman untuk menikah dengan Hafsah. Ustman tidak bersedia karena istrinya baru saja meninggal dunia dasn Ustman tidak ingin menikah lagi. Umar kemudian menemui Abu Bakar, namun Abu Bakar juga tidak bersedia karena beliau mengetahui bahwa Nabi sedang mempertimbangkan untuk menikahi Hafsah. Umar kemudian menemui Nabi dan mengadukan bahwa Ustman dan Abu Bakar tidak bersedia menikahi putrinya. Nabi mengatakan kepada Umar bahwa putrinya akan menikah dan Ustman juga menikah lagi. Ustman menikah dengan putri Nabi, Umi Kulsum dan Hafsah menikah dengan Nabi. Hal ini membuat Ustman dan Umar berbahagia.

5. ZAYNAB BINT KHUZAYMA. Suaminya meninggal dalam Perang Uhud, meninggalkanya dalam keadaan miskin dan mempunyai beberapa orang anak. Zaynab sudah tua ketika menikah dengan Nabi. Beliau meninggal 3 bulan sesudah menikah dengan Nabi, pada tahun 625.

6. SALAMA BINT UMAYYA. Suaminya, Abud Allah Abud Al Assad Ibn Al Mogherah, wafat dan meninggalkannya dalam keadaan miskin dan banyak anak. Pada saat itu beliau berusia 65 tahun. Abu Bakar dan beberapa orang lainnya meminang beliau untuk menikah. Namun karena beliau sangat mencintai suaminya beliau tidak menerima pinangan-pinangn tersebut. Namun akhirnya beliau menerima pinangan Nabi untuk menikah dan merawat beliau dan anak-anaknya.

7. ZAYNAB BINT JAHSH. Beliau adalah putrid dari bibi Nabi Muhammad yang bernama Omameh Bint Abud Almutaleb. Nabi menjodohkan Zaynab dengan Zayed Ibn Hareathah Al Kalby. Pernikahan mereka tidak bertahan lama dan kemudian Nabi menerima wahyu dalam Al Quran yang menyatakan bahwa jika mereka bercerai maka Nabi harus menikah dengan Zaynab. (Surah 33:37).

8. JUWAYRIYA BINT AL-HARITH. Nama suami pertamanya adalah Masafeah Ibn Safuan. Nabi Muhammad ingin suku bangsa Juayreah (bani Al Mostalag) memeluk Islam. Juarreah menjadi tahanan perang setelah kaum muslimin memenangkan perang Al Mostalaq. Ayah Juayreah menemui Nabi dan menawarkan tebusan agar Juareyah dibebaskan. Nabi meminta ayahnya untuk memberikan pilihan kepada Juaeryah. Ketika Juayryah diberi pilihan, beliau memilih masuk Islam dan mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Kemudian Nabi menikah dengan Juaryah. Suku bani Al Mostalaq kemudian menerima Islam.

9. SAFIYYA BINT HUYAYY. Dia berasalah dari suku Bani Nadir dari keturunan Israel. Dia telah menikah dua kali sebelum menikah dengan Nabi. Suami pertamanya adalah Salam Ibn Moshkem dan suami keduanya adalah Kenanah Ibn Al Rabeeah.

10. UMMU HABIBA BINT SUFYAN. Suami pertamanya adalah Aubed Allah Jahish. Aubed adalah putra paman Nabi. Aubed meninggal di Ethiopia. Raja Ethiopia menjodohkan Ramelah dengan Nabi.

11. MAYAMUNA BINT AL-HARITH. Beliau berumur 26 tahun ketika menikah dengan Nabi. Suami pertamanya adalah Abu Rahma Ibn Abed Alzey. Ketika Nabi membuka Mekah pada tahun 630, Mayamuna menemui Nabi, menerima Islam dan melamar Nabi. Tindakannya ini membuat banyak orang Mekah menerima Islam danNabi Muhammad.

12. MARIA AL-QABTIYYA. Maria dikirim kepada Nabi oleh Raja Mesir sebagai pembantu. Maria mempunyai seorang putra dari Nabi yang bernama Ibrahim.

Kompilasi dari berbagai sumber. Boleh disebarluaskan untuk kepentingan da’wah. Boleh juga di-copy-paste dan di post di internet atau media apapun sepanjang tidak untuk tujuan komersial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: