JASMANSYAH

Media Shilaturrahmi, berbagi informasi & Ilmu

Membaca Itu Keren…!!

Posted by JASMANSYAH pada Agustus 11, 2008

Membaca Itu Keren…!!

Oleh : Dani Ardiansyah

Membaca itu keren, cool, oke. Jadi kalo kamu mau dianggap remaja yang aptudet, nggak ketinggalan jaman, bukan remaja kuper apalagi gaptek, kamu bisa coba cara tersebut. Gimana nggak keren? Sementara banyak diantara remaja seusia kita yang lebih memilih menghabiskan waktunya dengan ngeceng di mall, dengan adu balap motor di jalan raya, atau pamer-pamer gaya hidup yang jet zet tanpa mikir pantas apa nggak. Kita dengan santainya melalap ilmu dengan cara yang menyenangkan, nggak perlu nguras kantong, apalagi nyusahin orang lain. Kita dapat menjadi keren dimanapun kita berada. Mau tau gimana caranya? Ya, membaca. Dengan cara yang menyenangkan, kita jadi tau tentang banyak hal yang belum tentu diketahui oleh banyak orang. Kita bisa menjadi orang-orang yang istimewa di antara orang-orang yang biasa. Dengan kata lain, kita bisa menjadi apa saja dengan membaca.

Ketika Rasulullah mendapatkan wahyu pertama dari Allah swt, melalui perantara malaikat Jibril, kegiatan inilah yang paling pertama di seru. Bahkan, hingga tiga kali seruan itu disampaikan oleh malaikat Jibril. Membaca. Iqra! Iqra! Iqra! Dapat dikatakan bahwa membaca adalah sebuah langkah awal untuk memperluas wawasan, informasi dan mempelajari betapa luasnya ilmu Allah yang dapat kita pelajari.

Membaca adalah kunci ilmu. Sebagaimana yang diperintahkan oleh wahyu pertama kali kepada Rasulullah SAW, menjadi bukti yang jelas bagi kita tentang betapa pentingnya membaca. Ayat yang pertama kali diturunkan oleh Allah Subhannahu wa Ta’ala kepada Nabi Muhammad SAW, yakni;

“Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dengan segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Paling Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan qalam.” (QS. al-’Alaq:1-4)

Bayangin deh!, sebegitu pentingnya kegiatan ini, hingga Rasulullah SAW memberitahukan bahwa mencari ilmu adalah merupakan kewajiban bagi setiap muslim. (HR Ibnu Majah dengan sanad dhaif, dihasankan sebagian ahli hadits dan yang lain menshahihkan). Nah, dari hal tersebut, maka nggak ada lagi keraguan bagi semua orang termasuk kita, untuk selalu menambah wawasan, ilmu dan pengetahuan, kapanpun dan dimanapun kita berada dengan cara yang paling jitu. Ayo baca!!

Hasil keren dari membaca

Nah sobat, kalo kamu masih penasaran dengan hasil yang bisa kita dapetin dari kegiatan ini, coba kita perhatiin deh sekelumit manfaat yang bisa kita rasakan setelah kamu membaca tentang banyak hal:

  • Membaca –termasuk saudara kembarnya; menulis- merupakan kunci ilmu.
  • Membaca dapat menjadi cara yang paling tepat untuk dapat mengenal Allah Subhannahu wa Ta’ala, beribadah kepada-Nya, taat kepada-Nya dan Rasul-Nya.
  • Kita bisa tahu sejarah keadaan umat-umat yang terdahulu dan dapat mengambil manfaat dari mereka.
  • Kita bisa tahu hal-hal yang bermanfaat dan yang berbahaya di dalam kehidupan ini.
  • Dengan membaca, kita bisa mendapat pahala yang besar dan balasan yang banyak, apalagi kalo yang dibaca adalah Kitabullah atau buku-buku yang bermanfaat, yang nunjukin kita kepada kebaikan dan mencegah dari keburukan.
  • Mengangkat derajat kehidupan kita menjadi lebih terhormat, seperti yang di janjikan Allah; “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. 58:11)

Wew…so, buat kamu-kamu yang sampe sekarang masih ogah-ogahan buka buku, yang lebih sering main games daripada baca buku, kayaknya sekarang kudu mengubah pola itu deh, karena salah satu kunci dari pencarian ilmu, adalah dengan cara membaca. Dengan membaca pula kita bisa jadi tahu siapa sih sebenarnya diri kita, apa saja yang ada dalam diri kita, hal-hal apa saja yang kita butuhkan, dan lain-lain. Karena sebelum kita mencoba mengenali Allah (ma’rifatullah) kita harus terlebih dulu memahami diri kita sendiri “Man ‘arafa nafsahu faqad ‘arafa Rabbahu” (Barang siapa mengenal dirinya, niscaya ia mengenal Tuhannya).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: