JASMANSYAH

Media Shilaturrahmi, berbagi informasi & Ilmu

Laptop dan Komputer Murah untuk Pendidikan

Posted by JASMANSYAH pada Agustus 11, 2008

Laptop dan Komputer Murah untuk Pendidikan PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator
Wednesday, 11 June 2008

ImageOleh: Syarif Hidayatullah

Kalau dulu komputer dan laptop hanya dimiliki kalangan tertentu, sekarang nggak lagi. Kemajuan teknologi serta kepedulian terhadap dunia pendidikan dan tersedianya akses teknologi terhadap masyarakat menengah ke bawah, membuat harga computer dan laptop semakin murah.

Sobat Nida mungkin pernah mendengar proyek OLDP (One Laptop Per Child) yang digulirkan oleh Nicholas Negroponte, pendiri yayasan OLDP. Proyek ini bertujuan untuk menyediakan akses komputer bagi anak-anak di seluruh dunia terutama di negara-negara yang belum dan sedang berkembang sebagai sarana untuk anak-anak belajar, bereksplorasi, dan mengenal cakrawala dunia melalui komputer dan Internet.

Awalnya di tahun 2002, Negroponte menyediakan komputer kepada 20 anak di daerah terpencil di Kamboja, lalu mengirim email mengenai idenya, 100 dollar AS per laptop, untuk anak-anak di seluruh dunia kepada CEO AMD, Hector Ruiz, yang segera mendukung idenya itu. Tak lama kemudian, Google pun mendukung idenya ini diikuti dengan Red Hat Linux dan Wikipedia sebagai pendukung content (isi).

Walaupun awalnya sempat dicemooh di forum ekonomi dunia, namun ide laptop seharga 100 dollar AS ini akhirnya mendapat sambutan baik dari beberapa negara yang dimotori oleh para pemimpinnya. Libya misalnya, mengumumkan bahwa negaranya akan menyediakan 1.2 juta laptop untuk setiap anak usia sekolah di negaranya. Begitu pula dengan Thailand, Nigeria, Rwanda, dan Brazil. Sehingga saat ini, sudah lebih dari 50 negara berkomitmen untuk menyediakan laptop atau komputer gratis di negaranya.

ImageLaptop atau komputer berharga $100 produksi OLDP ini ialah XO OLPC yang berjalan di atas processor AMD AMD’s 433MHz dan Geode LX-700, chip yang murah dengan konsumsi power yang kecil. Laptop ini sudah mulai digunakan oleh umum sejak akhir tahun 2007.

Walaupun tidak bergabung dengan OLPC, namun perusahaan Intel juga ikut menyediakan komputer dan laptop murah dengan nama Classmate PC. Didesain untuk anak-anak dan remaja, Classmate PC dibuat ringan kurang dari 2 kilogram dan dilengkapi jinjingan sehingga mudah ditenteng ke mana-mana. Seukuran laptop 12 inci yang beredar di pasaran, Classmate PC hanya dilengkapi layar warna 7 inci dengan resolusi maksimum 800 x 480 piksel. Menggunakan prosesor Intel Celeron M 900 megahertz, memori 256 megabyte, dan penyimpan berbasis flash memori 1 gigabyte. Classmate PC juga dilengkapi kartu koneksi nirkabel untuk terhubung ke jaringan internet. Rencananya, Intel akan mendonasikan 100 ribu laptop dan PC desktop tersebut kepada anak-anak di Indonesia. Bulan Januari lalu ada 100 laptop yang telah didonasikan di beberapa sekolah di Jakarta. Menurut Intel, ongkos pembuatan Classmate PC sekitar 300 dollar AS dan mungkin akan menembus 200 dollar AS di tahun 2007. Ada kemungkinan, Classmate PC Intel ini juga akan dikomersialkan seperti halnya yang telah terjadi di India.

Program Laptop dan Komputer murah memang ide yang sangat baik untuk mendukung pendidikan anak-anak di sebuah negara. Mencari ilmu pengetahuan dan kemudahan-kemudahan dalam belajar serta mengembangkan ilmu dapat didukung dengan penggunaan komputer. Sobat Nida juga merasakan demikian bukan? Di Thailand dan Vietnam, program ini sudah berjalan dengan baik sejak 2 tahun yang lalu. Sementara Indonesia baru tahun ini mulai terwujud. Karenanya, dukungan pemerintah dan kesiapan masyarakat merupakan kunci utama agar program komputer murah untuk pendidikan ini dapat berjalan di negara kita.***

Sumber: http://www.annida-online.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: