JASMANSYAH

Media Shilaturrahmi, berbagi informasi & Ilmu

Jadikan Buku sebagai Kawan Anda !!!!

Posted by JASMANSYAH pada Agustus 11, 2008

Jadikan Buku sebagai Kawan Anda !!!! Jun 24, ’08 11:36 PM
for everyone

Assalaamu’alaikum wr.wb

Apakah anda ingin membuka tirai atau jendela dunia ???? maka bacalah buku !!!! dengan membaca buku jendela dunia akan terbuka lebar di hadapan kita dan akan membawa dunia ini dekat dengan kita. Ada pepatah mengatakan “Buku adalah gudang ilmu, membaca adalah kuncinya. Buku adalah jendela dunia.”. Pepatah ini rasanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pepatah yang tak pernah usang oleh waktu. Dan ini saya yakini dengan sepenuh hati. Tentu saja, karena buku harus menjadi sahabat dalam hidup kita. Buku juga harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Dengan buku kita bisa melihat sisi lain dari dunia kita ini yang ternyata sangat bermacam-macam bentuknya. Membuat kita bisa mengetahui apa yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Mengapa kita harus berkawan atau mencintai buku ??? yang pasti ada suatu alasan yang mendasari seseorang mencintai sebuah buku. Diantara alasan mengapa saya mencintai buku dikarenakan, Pertama, Buku selalu mengeluarkan hal-hal yang baru atau istilahnya up to date. Kedua, Buku kaya akan imajinasi-imajinasi. Dengan Membayangkan apa yang tertulis di buku membuat kita seperti membangun imajinasi versi pikiran kita sendiri. Mengajak diri kita untuk berkreasi dengan menenggelamkan diri dalam alur atau setting yang terdapat dalam buku. Itu menjadikan kita belajar untuk mengerti dunia lain yang sebelumnya tak pernah terpikir oleh kita. Ketiga, Dengan membaca buku kita akan tergerak untuk menuliskan kembali hal-hal yang berhubungan dengan buku tersebut bahkan akan menyempurnakan buku yang telah kita baca tersebut.

Mari kita bersahabat dan mencintai buku. Rasakan kehadiran mereka sebagai jendela untuk kita melihat masa depan di hadapan. Jadikan keberadaan mereka sebagai jembatan untuk kita berusaha menjadi makhluk Allah yang mencintai ilmu. Dibawah ini akan saya kutipkan beberapa nasehat dari para ulama dan para sahabat tentang keutamaan sebuah Ilmu sehingga akan terdorong hati kita dalam mencari Ilmu.

Buya Hamka, seorang penulis dan ulama besar Indonesia pernah berkata kepada muridnya :

Cobalah tulis dari hatimu dahulu. Tangkap ide yang berkelebat agar tak segera lenyap. Alirkan apa saja emosi dan pikiran yang ada di benak dan hatimu. Biarkan ia mengalir sebebas-bebasnya hingga mencapai keutuhan dan garis besar tulisan. Setelah itu barulah kumpulkan serta siapkan data-data pendukung dalam tulisanmu agar ia lebih berbobot dan argumentatif.


Imam Ali berkata : “Tubuh kita ini selalu melewati enam keadaan : sehat, sakit, mati, hidup tidur, dan bangun. Hidupnya hati adalah berkat bertambahnya ilmu, dan matinya adalah akibat ketiadaan ilmu. Sehatnya hati adalah berkata keyakinan, sakitnya adalah keraguan. Tidurnya hati adalah kelalaian, dan bangunnya hati berasal dari dzikir yang dilakukan.”

Dari Mua’adz bin Jabal r.a, ia berkata : “Pelajarilah ilmu, karena mempelajarinya adalah kebaikan, mencarinya adalah ibadah, mengingatnya adalah tasbih, mendalaminya adalah jihad, mengerjakannya kepada orang yang belum mengerti adalah sedekah, mengingatkannya kepada orang yang sudah mengerti adalah taqqarub. Ilmu adalah teman di waktu sepi, kawan dalam pengasingan, penunjuk jalan kesenangan, penolong dalam kesulitan, hiasan di tengah-tengah kawan, dan senjata dalam menghadapi musuh. Ilmu dapat menghidupkan hati dari kebodohan, pelita dari kegelapan, kekuatan dari segala kelemahan, sarana untuk mencapai derajat orang-orang yang baik sewaktu hidup di dunia maupun di akhirat. Ilmu merupakan pemimpin dan amal adalah pengikutnya.

Semoga hati kita tergerak untuk dapat mencintai Ilmu dengan cara membaca dan bersahabat dengan buku. Semoga bermanfaat bagi kita semua. amien…..



Wassalam wr.wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: