JASMANSYAH

Media Shilaturrahmi, berbagi informasi & Ilmu

Tunjangan Profesi Guru Sudah Cair

Posted by JASMANSYAH pada Agustus 1, 2008

Tunjangan Profesi Guru Sudah Cair

Rabu, 30 Juli 2008 , 14:07:00

BANDUNG, (PRLM).- Setelah sempat tertunda, tunjangan profesi bagi guru yang telah dinyatakan lulus sertifikasi akhirnya cair. Di Jawa Barat, guru yang berhak menerima tunjangan profesi ini sebanyak 6.231 guru. Terdiri dari 480 orang untuk angkatan 2006 dengan total anggaran Rp. 6,38 milar. Serta 5.751 guru untuk periode 2007 dengan total anggaran Rp 27,36 miliar.

Pejabat Pembuat Komitmen Kegiatan Peningkatan Mutu  dan Profesionalisme Guru Jawa Barat yang juga Bagian Bina Program Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dedi Sutardi, Rabu (30/7), mengatakan, tunjangan profesi ini sudah mulai diproses dan dimasukkan ke masing-masing rekening pada Senin (28/7). Namun mengingat banyaknya rekening serta jenis bank yang dimiliki guru, proses penyaluran akan memakan waktu.

“PT Pos sangat kewalahan karena jumlah rekeningnya bermacam-macam. Jadi kemungkinan baru akan sampai pada beberapa hari ke depan. Dirapel enam bulan untuk yang angkatan 2006 dan tiga bulan untuk yang angkatan 2007,” katanya.

Secara keseluruhan, kata Dedi, ada 7.500 SK yang sudah turun dan berhak untuk mendapatkan tunjangan profesi. Namun, sejauh ini baru 6.231 yang sudah selesai diproses. Sisanya, diperkirakan baru akan dibayarkan pada Agustus mendatang mengingat masih ada data-data yang harus dientry.

“Kalau ditotal, sudah ada 20.000 orang yang lulus sertifikasi. Tapi pembayaran yang kami lakukan harus berdasarkan pada SK dari Dirjen PMPTK. Sehingga dilakukan bertahap. Dan ke depan tunjangan profesi ini akan dibayarkan secara rutin setiap tiga bulan,” tuturnya.

Sementara itu, di Kota Bandung, sebanyak 347 guru yang telah dinyatakan lulus sertifikasi mulai Selasa (29/7) sudah bisa mendapatkan tunjangan profesi guru secara serentak melalui rekening banknya masing-masing.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Momon mengatakan  untuk angkatan 2006 ada 24 guru yang akan mendapatkan tunjangan sertifikasi dengan jumlah total dana yang dicairkan pemerintah sekitar Rp 334 juta.
“Tapi pencairan tunjangan sertfikasi ini hanya diperuntukan bagi guru yang telah lulus sertifikasi langsung untuk angkatan 2006 dan 2007, bukan yang lulus melalui Diklat yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Untuk periode 2006 tunjangan akan dirapelkan untuk 6 bulan mulai Januari sampai dengan bulan Juni kemarin,” katanya.

Sementara itu, untuk angkatan 2007 ada 323 guru yang berhak menerima tunjangan, dan akan dirapelkan untuk 3 bulan terhitung April sampai dengan Juni 2008. Total anggaran yang disediakan sebesar Rp 2,19 miliar.(A-157/A-147)***

http://www.pikiran-rakyat.com (30 Juli 2008)

Satu Tanggapan to “Tunjangan Profesi Guru Sudah Cair”

  1. faizalthaf said

    SELAMA KEPADA PARA GURU YANG TELAH LULUS SERTIFIKASI. MUDAH2AN MOTIVASI DAN SEMANGAT KERJA SEMAKIN BAIK…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: